80 Mualaf Asal Kalbar Berwisata Religi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah

- 15 Desember 2023, 17:06 WIB
80 Mualaf Asal Kalbar Berwisata Religi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah
80 Mualaf Asal Kalbar Berwisata Religi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah /

SUDUTBATAM.COM - Sebanyak 80 mualaf asal Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) berwisata religi di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Kota Batam. Kunjungan wisatawan domestik itu disambut oleh, Ketua Umum Pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Yumasnur.

Selain itu, mereka juga disambut oleh para mualaf yang ada di Kota Batam. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut dalam rangka silaturahmi dan berbagi informasi tentang program pembinaan dan pengajian mualaf Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Kota Batam.

"Iya, 80 mualaf dari Kalbar, kita diskusi dan saling tukar informasi tentang kegiatan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, katanya, Jumat 15 Desember 2023.

Selain diskusi, mualaf tersebut memberikan santunan kepada panti asuhan berupa uang tunai. Tak hanya ke Batam, mualaf ini melanjutkan perjalanan ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Untuk diketahui, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Kota Batam mempunyai program pembinaan dan pengajian mualaf. Jadwalnya sekali dalam setiap pekan.

"Belajarnya setiap hari Minggu ba'dah Shalat Dzuhur. Belajarnya bergiliran, dalam sepekan ada 80-100 mualaf yang belajar. Kita melakukan pembinaan kepada mualaf, mereka belajar tentang tata cara shalat, belajar membaca Alquran," ucapnya.

Mantan Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Batam ini menyebut, pengurus Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah kerap menggelar lomba bagi untuk mualaf di Kota Batam. "Lomba secara internal ada lomba baca Al Quran, lomba mengaji, lomba tata cara shalat. Lomba ini untuk memberikan rasa semangat kepada mereka," terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Ardiwinata menyampaikan Kota Batam memiliki banyak destinasi wisata menarik, salah satunya wisata religi. Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah masjid yang megah yang bisa menampung sekitar 25 ribu jamaah.

Baginya, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah semakin menguatkan destinasi wisata religi Batam. "Masjid terbesar di Sumatra ini menjadi destinasi favorit wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara," katanya.

Sebagai informasi masjid yang berlokasi di Kecamatan Batu Aji ini mempunyai
fasilitas yang disiapkan untuk kunjungan wisatawan, masjid ini juga menyediakan lahan parkir yang luas. Dapat menampung 308 mobil dan 331 motor di rubanah, serta 10 bus, 105 mobil, dan 107 motor di halaman masjid.

Halaman:

Editor: Fadhil


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x