Contoh Teks Khutbah Jumat Bahasa Sunda, Lengkap dengan Bahasa Indonesia

- 23 Februari 2023, 12:35 WIB
Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Sunda berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya.
Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Sunda berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya. /

SUDUTBATAM.COM – Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Sunda berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya.

Meningkatkan iman atau kepercayaan kepada tuhan adalah ha yang penting di setiap agama, apalagi agama Islam.

Tafakur adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menghayati dan merenungkan beragam tanda kebesaran Tuhan, Tafakur juga menjadi hobi Rasulullah karena dapat mengenal Allah lebih baik.

Dengan cara Tafakur seorang muslim akan menggunakan akalnya untuk merenungi kebesaran Allah nilai-nilai ukhrawi agar bisa terus meningkatkan dan menjaga kualitas iman.

Baca Juga: Apakah KUR BRI 2023 Sudah Buka Pada Februari Ini? Simak Penjelasannya

Berikut dibawah ini khutbah Jumat bahasa Sunda dengan tema meningkatkan iman dengan cara tafakur.

Teks 1: Meningkatkan Iman dengan Cara Tafakur

Khutbah I

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الْاَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِيْ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالْإِتِّحَادِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ دَعَانَا بِحُبِّ الْبِلَادِ. الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ أَرْسَلَ لِلْعَالَمِيْنَ اِلَى يَوْمِ الْمَعَادِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ, اِتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Bahasa Sunda:
Sadaya puji kagungan Allah SWT, Gusti Nu Maha Welas Asih. Sadaya kurnia anu ku urang karaos dugi ka danget ieu, sanés ngan ukur kado ti Anjeunna. Khususna, ni’mat iman, ni’mat Islam, sareng ni’mat kaséhatan.

Kalayan kanikmatan ieu, pantesna urang sumping sareng tepang dina dinten ieu dina raraga ngalaksanakeun sholat Jum'at karana Anjeunna. Henteu aya anu sanés, ieu mangrupikeun wujud syukur urang pikeun sadayana éta.

Saterasna, khatib ngajak ka urang sadaya sangkan salawasna ngado’a ka kanjeng Nabi Muhammad saw, Allahumma salli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad. Mudah-mudahan barokah urang oge tiasa ngocor ka kulawargana, para sahabatna, tabi'inna, oge ka urang sadaya salaku umatna. Amin, Nun Gusti Nu Maha Kawasa.

Jamaah solat jumaah anu dimulyakeun ku Alloh
Dina Islam, rukun iman aya genep, nyaéta iman ka Alloh, iman ka malaikat, iman ka kitab-kitab Alloh, iman ka para Nabi jeung Rosul, iman kana poé kiamat, jeung iman kana qada jeung qadar. Harti iman sorangan nyaéta percaya kana ajaran Islam kalayan ati jeung ngamalkeunana.

Numutkeun Imam Nawawi dina Syarah Shahih Muslim, miang tina harti ieu, ahli ahsulus sunnah ngajelaskeun yén iman hiji jalma bisa ningkat jeung ngurangan, katempo tina inténsitas amal jeung ibadahna.

Ngadugikeun Imam Abul Hasan Ali bin Khalaf bin Baththal al-Maliki, Imam Nawawi ngadadarkeun potensi turunna iman ku sajumlah ayat Al-Qur’an. Di antarana aya firman Alloh SWT:

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 231 Tentang Nilai Dalam Naskah Drama 'Tempat Istirahat'

Artinya:
Segala puji milik Allah swt, Tuhan Yang Maha Kasih. Segala anugerah yang telah kita nikmati sampai detik ini, tidak lain adalah pemberian dari-Nya. Khususnya, nikmat iman, nikmat Islam, juga nikmat sehat wal afiat.

Dengan kenikmatan-kenikmatan itu, sudah sepatutnya kita datang dan bertemu pada siang hari ini dalam rangka menunaikan ibadah shalat Jumat karena-Nya. Tidak lain, inilah bentuk syukur kita atas semua hal itu.

Selanjutnya, khatib mengajak kita semua untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad, Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad. Semoga shalawat kita juga dapat mengalir kepada keluarganya, sahabatnya, tabi’in, dan juga kepada kita semua selaku umatnya. Amin ya rabbal alamin.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Dalam Islam dikenal rukun iman yang ada enam, yaitu iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada qada dan qadar. Pengertian iman sendiri adalah meyakini ajaran-ajaran Islam dengan hati dan mengamalkannya.

Menurut Imam Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim, berangkat dari definisi ini, ulama ahsulusunnah menjelaskan bahwa keimanan seseorang bisa bertambah dan berkurang, dilihat dari intensitas kegiatan amal ibadahnya.

Mengutip Imam Abul Hasan Ali bin Khalaf bin Baththal al-Maliki, Imam Nawawi mendasari potensi turun-naiknya iman dengan sejumlah ayat Al-Qur’an. Diantaranya adalah firman Allah swt berikut:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗوَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ.

Artinya, “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Milik Allahlah bala tentara langit dan bumi dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (QS. Al-Fath [48]: 4)

Juga ayat berikut:

لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ.

Artinya, “(Yang demikian itu) agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, orang yang beriman bertambah imannya, orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu.” (QS. Al-Fath [74]: 31)

Bahasa Sunda:
Dua ayat ieu jadi dadasar yén kualitas iman hiji muslim bisa ningkat jeung ngurangan. Cara pikeun ngaidéntifikasina nyaéta ningali kana intensitas ibadah anu anjeunna lakukeun. Lamun rajin ibadah mangka nuduhkeun kualitas iman anu alus, sabalikna lamun inténsitasna handap mangka kualitasna turun. (Imam Nawawi, Al-Minhaj Syarah Sahih Muslim, 1929: juz I, kc. 146)

Salah sahiji usaha anu bisa urang laksanakeun pikeun ngaronjatkeun jeung ngajaga kualitas iman nyaéta tapa, nyaéta ngalakukeun perenungan anu jero kana kakawasaan Allah atawa hal-hal séjénna anu ajén spiritual, saperti ngélingan lobana dosa anu geus dilakonan, mikiran maot jeung poé kiamat. judgment, jeung saterusna.

Jamaah solat jumaah anu dimulyakeun ku Alloh
Salah sahiji tujuan Allah nyiptakeun alam semesta ieu nyaéta sangkan urang salawasna muhasabah kana tanda-tanda Nu Maha Kawasa.

Gunung-gunung anu ngadeg teguh, legana sagara jeung sagara kalayan sagala kaahenganana, amparan langit anu nutupan, jeung bumi tempat urang nangtung, kabeh ieu diciptakeun sangkan urang salawasna inget kumaha agungna kakawasaan Allah.

Ku cara ngeunteung sacara jero kana ciptaan-Na, Insya Allah kualitas kaimanan urang bakal salawasna ningkat. Dina Al Qur'an disebutkeun,

Artinya:
Kedua ayat ini menjadi dasar bahwa kualitas iman seorang muslim bisa bertambah dan berkurang. Cara mengindentifikasinya adalah dengan melihat intensitas ibadah yang dilakukannya. Jika ibadahnya rajin maka menujukkan kualitas imannya sedang bagus, sebaliknya jika intensitasnya rendah maka kualitasnya sedang turun. (Imam Nawawi, Al-Minhaj Syarah Sahih Muslim, 1929: juz I, hlm. 146)

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan dan merawat kualitas iman adalah dengan tafakkur, yaitu melakukan perenungan mendalam terhadap kekuasaan Allah atau hal-hal bernilai ukhrawi seperti mengingat banyaknya dosa yang sudah kita perbuat, merenungi kematian dan hari pembalasan, dan sebagainya.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Salah satu tujuan Allah menciptakan alam semesta ini adalah agar kita senantiasa merenungi tanda-tanda kekuasaan Sang Maha Pencipta.

Gunung-gunung yang berdiri kokoh, laut dan samudera yang luas dengan segala pesonanya, bentangan langit yang menaungi, dan bumi tempat kita berpijak, semua ini diciptakan agar kita selalu mengingat betapa agung kekuasaan Allah.

Dengan merenungi secara mendalam ciptaan-ciptaan-Nya, insya Allah kualitas iman dalam diri kita selalu bertambah. Dalam Al-Qur’an disebutkan,

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya, “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Mahasuci Engkau. Lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Ali Imran [3]: 191)

Bahasa Sunda:
Mam Ibnu Katsir dina tafsirna ngadugikeun ucapan hikmah, "Sing saha jalma anu ningali ciptaan Allah tapi henteu ngararasakeun kana pelajaran, maka anu ditingalina ngan ukur ngagelapkeun hate". Bisyr bin Haris al-Hafi ogé ngadawuh, "Lamun hiji contemplates kaagungan Allah, mangka manehna moal boga kahayang pikeun ngalakukeun maksiat".

Dua ungkapan ieu mangrupikeun bukti yén ngeunteung kana kaagungan Gusti ngalangkungan ciptaan-Na tiasa ningkatkeun kualitas iman. (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'anil 'Adzim, 2018: juz II, kc. 163)

Imam Al-Ghazali dina Ihya 'Ulumiddin ngajelaskeun kumaha cara tafakkur. Nurutkeun manéhna, nalika Muslim tapa, manéhna baris ngahasilkeun pangaweruh tina objék nu contemplating. Mertimbangkeun kakawasaan Allah ku ningali gunung-gunung anu luhur, contona.

Lamun pangaweruh geus diala, bakal ngahasilkeun keuna batin dina haté nu dilaksanakeun dina wujud kataatan ka Allah Nu Maha Nyipta. (Imam Al-Ghazali, Ihya 'Ulumiddin, 2016: juz IV, kc. 516)

Jamaah solat jumaah anu dimulyakeun ku Alloh
Salian ti ciptaan Allah, obyék semedi anu bisa dipaké ku urang nyaéta ajén-inajén ukhrawi saperti muhasabah maksiat anu geus dilakonan, ngélingan maot, poé hisab di akherat, jeung sajabana.

Upamana, lamun mikiran maot, urang bakal mikir yén unggal manusa aya maot anu bisa datang iraha waé. Teras urang muhasabah deui, upami maot teh tos tangtos, naon amal soleh anu tos dilampahkeun di dunya kanggo bekel di akherat. Alloh swt ngadawuh:

Artinya:
Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengutip sebuah kalam hikmah, “Orang yang melihat ciptaan Allah tapi tidak merenunginya untuk memperoleh pelajaran, maka apa yang dilihatnya hanya akan menggelapkan hati.” Bisyr bin Haris al-Hafi juga menyampaikan, “Jika seseorang merenungi keagungan Allah, maka ia tidak akan memiliki hasrat untuk bermaksiat.”

Dua ungkapan ini menjadi bukti bahwa mentafakkuri keagungan Allah melalui ciptaan-Nya mampu meningkatkan kualitas iman. (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anil ‘Adzim, 2018: juz II, hlm. 163)

Imam Al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumiddin menjelaskan terkait cara kerja tafakkur. Menurutnya, saat seorang muslim bertafakkur, maka akan menghasilkan pengetahuan dari objek yang ditafakkurinya. Merenungi kekuasaan Allah dengan melihat gunung-gunung yang menjulang, misalnya.

Jika pengetahuan sudah diperoleh, maka akan menghasilkan sentuhan batin dalam hati yang diimplementasikan dalam bentuk ketaatan kepada Allah Sang Maha Pencipta. (Imam Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumiddin, 2016: juz IV, hlm. 516)

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Selain melalui ciptaan Allah, objek tafakkur yang bisa kita gunakan adalah nilai-nilai ukhrawi seperti merenungi dosa-dosa yang sudah perbuat, mengingat kematian, hari pembalasan di akhirat kelak, dan sebagainya.

Saat merenungi kematian, misalnya, kita akan berpikir bahwa setiap manusia memiliki ajal yang bisa datang kapan saja. Lalu kita merenung lebih jauh, jika ajal sudah pasti, amal ibadah apa saja yang sudah kita perbuat selama dunia untuk bekal di akhirat kelak. Allah swt berfirman:

قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Artinya, “Katakanlah, ‘Sesungguhnya kematian yang kamu lari darinya pasti akan menemuimu. Kamu kemudian akan dikembalikan kepada Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang selama ini kamu kerjakan.’” (QS. Al-Jumu’ah [62]: 8)

Bahasa Sunda:
Ayat ieu nekenkeun yén urang sadayana moal tiasa luput tina jerat maot. Sanaos urang nyumput di tempat anu sepi pisan, teu aya anu terang, pasti maot bakal datang ka urang. Maot bakal ngajemput urang dimana waé ayana.

Jamaah solat jumaah anu dimulyakeun ku Alloh
Tafakkur mangrupa salah sahiji kagiatan anu miboga ajén ibadah. Ku muhasabah, hartina urang syukuran kana ni’mat Allah dina wujud karunia boh panon boh akal ku cara ngagunakeunana pikeun ningali kakawasaan Allah sareng ngeunteung kana nilai-nilai mulya anu aya di balikna. Rasulullah saw ngadawuh,

Artinya:
Ayat ini menegaskan bahwa kita semua tidak bisa lari dari jerat kematian. Meskipun kita bersembunyi di tempat yang sangat sunyi, tidak ada siapapun yang tahu, pasti kematian akan menghampiri kita. Kematian akan menjemput kita dimana pun kita berada.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Tafakkur merupakan salah satu aktivitas yang bernilai ibadah. Dengan bertafkkur, berarti kita mensyukuri nikmat Allah berupa anugerah kedua mata dan akal dengan mennggunakannya untuk melihat kekuasaan Allah dan merenungi nilai-nilai luhur di baliknya. Rasulullah saw bersabda,

أَعْطُوْا أَعْيُنَكُمْ حَظَّهَا مِنَ الْعِبَادَةِ. قَالُوْا يَارَسُوْلَ اللهِ وَمَاحَظُّهَا مِنَ الْعِبَادَةِ؟ قَالَ النَّظْرُ فَي الْمُصْحَفِ وَالتَّفَكُّرُ فِيْهِ وَالْإِعْتِبَارُ عِنْدَ عَجَائِبِهِ

Artinya, “Berikanlah hak mata untuk beribadah. Para sahabat lalu bertanya, ‘Apakah ibadah bagian mata itu?’ Nabi menjawab, ‘Melihat (membaca) al-Qur’an dan memikir isinya serta ambillah pelajaran dari keajaiban isi Al-Qur’an.’” (HR Zaid bin Aslam)

Bahasa Sunda:
Mudah-mudahan urang sadayana tiasa salawasna ngamanfaatkeun ni’mat boh panon boh akalna pikeun salawasna ngadeukeutkeun ka Allah SWT. Kalayan tafakkur, urang sanggakeun puji sinareng syukur ka Allah anu parantos ngamanfaatkeun dua ni’mat anu ageung ieu pikeun ningkatkeun sareng ngajaga kualitas kaimanan.

Artinya:
Semoga kita semua bisa selalu menggunakan nikmat kedua mata dan akal untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan tafakkur, kita telah bersyukur kepada Allah karena memanfaatkan dua nikmat agung ini untuk meningkatkan dan menjaga kualitas iman.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائِبِيْن

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِهِال الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَام

أَمَّا بَعْدُ. فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللٰهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللٰهُ تَعَالَى اِنَّ اللٰهَ وَ مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فْي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ. وَعَنْ اَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ. وَالتَّابِعِبْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَ تَابِعِهِمْ اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْنَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْفِتَنَ مَا لَا يَدْفَعُهُ غَيْرُكَ عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَ اللٰهِ اِنَّ اللٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ. يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللٰهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَ اشْكُرُوْهُ عَلٰى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَلَذِكْرُ اللٰهِ اَكْبَرُ

Itulah contoh teks Khutbah Jumat bahasa Sunda yang dilengkapi dengan bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi.***

Editor: Niken Nurfujitania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah