Contoh Teks Khutbah Jumat Bahasa Jawa Tema Meningkatkan Iman dengan Tafakur, Lengkap dengan Bahasa Indonesia

- 23 Februari 2023, 13:10 WIB
Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Jawa berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya.
Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Jawa berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya. /

SUDUTBATAM.COM – Berikut ini khutbah Jumat Bahasa Jawa berbagai tema yang dilengkapi dengan artinya.

Meningkatkan iman atau kepercayaan kepada tuhan adalah ha yang penting di setiap agama, apalagi agama Islam.

Tafakur adalah ibadah yang dilakukan dengan cara menghayati dan merenungkan beragam tanda kebesaran Tuhan, Tafakur juga menjadi hobi Rasulullah karena dapat mengenal Allah lebih baik.

Dengan cara Tafakur seorang muslim akan menggunakan akalnya untuk merenungi kebesaran Allah nilai-nilai ukhrawi agar bisa terus meningkatkan dan menjaga kualitas iman.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Jumat Bahasa Sunda, Lengkap dengan Bahasa Indonesia

Berikut dibawah ini khutbah Jumat bahasa Jawa dengan tema meningkatkan iman dengan cara tafakur.

Teks 1: Meningkatkan Iman dengan Cara Tafakur

Khutbah I

الْحَمْدُ لِلّٰهِ الْاَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِيْ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ الَّذِيْ أَمَرَنَا بِالْإِتِّحَادِ. وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ دَعَانَا بِحُبِّ الْبِلَادِ. الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ أَرْسَلَ لِلْعَالَمِيْنَ اِلَى يَوْمِ الْمَعَادِ. أَمَّا بَعْدُ: فَيَاأَيُّهَا الْمُؤْمِنُوْنَ, اِتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

Bahasa Jawa:
Sadaya puji kagunganipun Allah SWT, Gusti ingkang Maha Welas Asih. Kabeh sih-rahmat sing wis kita nikmati nganti saiki, ora liya mung hadiah saka Panjenengane. Mliginipun ni’mat iman, ni’mat Islam, ugi pinaringan kesehatan.

Kanthi kanikmatan punika, prayogi kita sami rawuh ing siyang ing dinten punika saperlu nindakaken shalat jumat karana Panjenengane. Ora liya, iki minangka wujud rasa syukur kita kabeh.

Salajengipun, khatib ngajak kita sedaya supados tansah ndongakaken kanjeng Nabi Muhammad, Allahumma salli wa sallim wa barik 'ala sayyidina Muhammad. Mugi-mugi berkah kito ugi saged dumateng keluarga, sahabat, tabi'in, lan ugi dumateng kito sedoyo umatipun. Amin, dhuh Gustining jagad.

Jama’ah shalat Jum’at ingkang dipun mulyaaken Allah
Ing Islam, rukun iman ana enem, yaiku iman marang Allah, iman marang malaikat, iman marang kitab-kitab Allah, iman marang para nabi lan rasul, iman marang dina kiyamat, lan iman marang qada lan qadar. Definisi iman dhewe yaiku percaya marang ajaran Islam kanthi ati lan nglakoni.

Miturut Imam Nawawi wonten ing Syarah Sahih Muslim, saking andharan menika, para ahli sunnah ahsulus njlentrehaken bilih imanipun tiyang saged tambah lan suda, katingal saking intensitas amal lan ibadahipun.

Mengutip Imam Abul Hasan Ali bin Khalaf bin Baththal al-Maliki, Imam Nawawi adhedhasar potensi fluktuasi iman kanthi pirang-pirang ayat Al-Qur'an. Ing antawisipun firman Allah SWT:

Artinya:
Segala puji milik Allah swt, Tuhan Yang Maha Kasih. Segala anugerah yang telah kita nikmati sampai detik ini, tidak lain adalah pemberian dari-Nya. Khususnya, nikmat iman, nikmat Islam, juga nikmat sehat wal afiat.

Dengan kenikmatan-kenikmatan itu, sudah sepatutnya kita datang dan bertemu pada siang hari ini dalam rangka menunaikan ibadah shalat Jumat karena-Nya. Tidak lain, inilah bentuk syukur kita atas semua hal itu.

Baca Juga: Apakah KUR BRI 2023 Sudah Buka Pada Februari Ini? Simak Penjelasannya

Selanjutnya, khatib mengajak kita semua untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi Muhammad, Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammad. Semoga shalawat kita juga dapat mengalir kepada keluarganya, sahabatnya, tabi’in, dan juga kepada kita semua selaku umatnya. Amin ya rabbal alamin.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Dalam Islam dikenal rukun iman yang ada enam, yaitu iman kepada Allah, iman kepada para malaikat, iman kepada kitab-kitab Allah, iman kepada Nabi dan Rasul, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada qada dan qadar. Pengertian iman sendiri adalah meyakini ajaran-ajaran Islam dengan hati dan mengamalkannya.

Menurut Imam Nawawi dalam Syarah Sahih Muslim, berangkat dari definisi ini, ulama ahsulusunnah menjelaskan bahwa keimanan seseorang bisa bertambah dan berkurang, dilihat dari intensitas kegiatan amal ibadahnya.

Mengutip Imam Abul Hasan Ali bin Khalaf bin Baththal al-Maliki, Imam Nawawi mendasari potensi turun-naiknya iman dengan sejumlah ayat Al-Qur’an. Diantaranya adalah firman Allah swt berikut:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ السَّكِيْنَةَ فِيْ قُلُوْبِ الْمُؤْمِنِيْنَ لِيَزْدَادُوْٓا اِيْمَانًا مَّعَ اِيْمَانِهِمْ ۗوَلِلّٰهِ جُنُوْدُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَكَانَ اللّٰهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًاۙ.

Artinya, “Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin untuk menambah keimanan atas keimanan mereka (yang telah ada). Milik Allahlah bala tentara langit dan bumi dan Allah Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.” (QS. Al-Fath [48]: 4)

Juga ayat berikut:

لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ.

Artinya, “(Yang demikian itu) agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, orang yang beriman bertambah imannya, orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu.” (QS. Al-Fath [74]: 31)

Bahasa Jawa:
Kalih ayat punika dados dhasar bilih kwalitas imanipun tiyang Islam saged nambah lan suda. Cara kanggo ngenali yaiku ndeleng intensitas ibadah sing ditindakake. Menawi sregep ngibadah menika nedahaken bilih kualitas iman punika sae, kosok wangsulipun menawi intensitasipun kirang mila kwalitasipun saya suda. (Imam Nawawi, Al-Minhaj Syarah Sahih Muslim, 1929: juz I, hlm. 146)

Salah sawijine upaya kanggo ningkatake lan njaga kualitas iman yaiku semedi, yaiku nindakake perenungan sing jero babagan kuwasane Gusti utawa perkara liyane sing nduweni nilai spiritual, kayata ngeling-eling akeh dosa sing wis kita lakoni, mikir mati lan dina kiamat. pangadilan, lan liya-liyane.

Jama’ah shalat Jum’at ingkang dipun mulyaaken Allah
Salah sawijine kersane Gusti Allah nyiptakake alam semesta iki yaiku supaya kita tansah muhasabah marang tandha-tandhane Gusti Kang Maha Kuwasa.

Gunung-gunung kang madeg teguh, segara lan samodra kang jembar samudayaning pesonane, jembare langit kang nutupi, lan bumi kang jumeneng, iku kabeh katitahake supaya tansah eling marang agunging pangwasane Gusti.

Kanthi ngrenungaken kanthi jero babagan ciptaan-Nya, insya Allah kualitas iman kita tansah mundhak. Wonten ing Al-Qur'an dipunandharaken,

Artinya:
Kedua ayat ini menjadi dasar bahwa kualitas iman seorang muslim bisa bertambah dan berkurang. Cara mengindentifikasinya adalah dengan melihat intensitas ibadah yang dilakukannya. Jika ibadahnya rajin maka menujukkan kualitas imannya sedang bagus, sebaliknya jika intensitasnya rendah maka kualitasnya sedang turun. (Imam Nawawi, Al-Minhaj Syarah Sahih Muslim, 1929: juz I, hlm. 146)

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan dan merawat kualitas iman adalah dengan tafakkur, yaitu melakukan perenungan mendalam terhadap kekuasaan Allah atau hal-hal bernilai ukhrawi seperti mengingat banyaknya dosa yang sudah kita perbuat, merenungi kematian dan hari pembalasan, dan sebagainya.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Salah satu tujuan Allah menciptakan alam semesta ini adalah agar kita senantiasa merenungi tanda-tanda kekuasaan Sang Maha Pencipta.

Gunung-gunung yang berdiri kokoh, laut dan samudera yang luas dengan segala pesonanya, bentangan langit yang menaungi, dan bumi tempat kita berpijak, semua ini diciptakan agar kita selalu mengingat betapa agung kekuasaan Allah.

Dengan merenungi secara mendalam ciptaan-ciptaan-Nya, insya Allah kualitas iman dalam diri kita selalu bertambah. Dalam Al-Qur’an disebutkan,

الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

Artinya, “(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk, atau dalam keadaan berbaring, dan memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia. Mahasuci Engkau. Lindungilah kami dari azab neraka.” (QS. Ali Imran [3]: 191)

Bahasa Jawa:
Imam Ibnu Katsir ing tafsir nyathet pangandikaning kawicaksanan, "Wong sing weruh titah Allah nanging ora mikir kanggo njupuk pelajaran, banjur apa sing katon mung bakal peteng ati." Bisyr bin Haris al-Hafi uga ngendika, "Yen ana wong sing mikirake keagungan Allah, mula dheweke ora bakal duwe kepinginan kanggo nindakake tumindak maksiat."

Kalih tuturan menika mujudaken bukti bilih ngrenungaken kaagunganipun Gusti lumantar ciptanipun saged ningkataken kualitas iman. (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'anil 'Adzim, 2018: juz II, hlm. 163)

Imam Al-Ghazali ing Ihya 'Ulumiddin nerangake carane tafakkur. Miturut dheweke, nalika wong Islam semedi, dheweke bakal ngasilake ilmu saka obyek sing dipikirake. Mengkono kuwasane Gusti kanthi nyawang gunung-gunung sing dhuwur, contone.

Yen ilmu wis diolehake, bakal nuwuhake sentuhan batin ing ati kang dileksanakake awujud ta'at marang Allah Kang Maha Nyipta. (Imam Al-Ghazali, Ihya 'Ulumiddin, 2016: juz IV, hlm. 516)

Jama’ah shalat Jum’at ingkang dipun mulyaaken Allah
Kejaba titahing Gusti, obyek semedi sing bisa kita gunakake yaiku nilai-nilai ukhrawi kayata ngeling-eling dosa sing wis ditindakake, ngelingi pati, dina perhitungan ing akhirat, lan liya-liyane.

Nalika mikir babagan pati, contone, kita bakal mikir yen saben manungsa duwe pati sing bisa teka kapan wae. Banjur kita renung-renungake maneh, yen mati wis mesthi, apa amal becik sing wis kita lakoni ing donya kanggo bekal ing akhirat. Allah swt ngandika:

Artinya:
Imam Ibnu Katsir dalam tafsirnya mengutip sebuah kalam hikmah, “Orang yang melihat ciptaan Allah tapi tidak merenunginya untuk memperoleh pelajaran, maka apa yang dilihatnya hanya akan menggelapkan hati.” Bisyr bin Haris al-Hafi juga menyampaikan, “Jika seseorang merenungi keagungan Allah, maka ia tidak akan memiliki hasrat untuk bermaksiat.”

Dua ungkapan ini menjadi bukti bahwa mentafakkuri keagungan Allah melalui ciptaan-Nya mampu meningkatkan kualitas iman. (Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur’anil ‘Adzim, 2018: juz II, hlm. 163)

Imam Al-Ghazali dalam Ihya ‘Ulumiddin menjelaskan terkait cara kerja tafakkur. Menurutnya, saat seorang muslim bertafakkur, maka akan menghasilkan pengetahuan dari objek yang ditafakkurinya. Merenungi kekuasaan Allah dengan melihat gunung-gunung yang menjulang, misalnya.

Jika pengetahuan sudah diperoleh, maka akan menghasilkan sentuhan batin dalam hati yang diimplementasikan dalam bentuk ketaatan kepada Allah Sang Maha Pencipta. (Imam Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumiddin, 2016: juz IV, hlm. 516)

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah
Selain melalui ciptaan Allah, objek tafakkur yang bisa kita gunakan adalah nilai-nilai ukhrawi seperti merenungi dosa-dosa yang sudah perbuat, mengingat kematian, hari pembalasan di akhirat kelak, dan sebagainya.

Saat merenungi kematian, misalnya, kita akan berpikir bahwa setiap manusia memiliki ajal yang bisa datang kapan saja. Lalu kita merenung lebih jauh, jika ajal sudah pasti, amal ibadah apa saja yang sudah kita perbuat selama dunia untuk bekal di akhirat kelak. Allah swt berfirman:

قُلْ اِنَّ الْمَوْتَ الَّذِيْ تَفِرُّوْنَ مِنْهُ فَاِنَّهٗ مُلٰقِيْكُمْ ثُمَّ تُرَدُّوْنَ اِلٰى عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَ

Artinya, “Katakanlah, ‘Sesungguhnya kematian yang kamu lari darinya pasti akan menemuimu. Kamu kemudian akan dikembalikan kepada Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang selama ini kamu kerjakan.’” (QS. Al-Jumu’ah [62]: 8)

Bahasa Jawa:
Ayat punika negesaken bilih kita sedaya boten saged uwal saking jaring pejah. Sanadyan kita ndhelik ing papan sing sepi banget, ora ana sing ngerti, mesthine bakal mati. Pati bakal njupuk kita ing ngendi wae.

Jama’ah shalat Jum’at ingkang dipun mulyaaken Allah,
Tafakkur mujudake salah sawijine kagiyatan kang nduweni nilai ibadah. Kanthi muhasabah, tegesipun kita ngraosaken syukur dhateng kanugrahaning Gusti ingkang awujud kanugrahaning paningal saha nalar kanthi dipunginakaken kangge nyumurupi kuwasanipun Gusti saha mujudaken nilai-nilai luhur ingkang wonten ing sawingkingipun. Rasulullah saw ngandika,

Artinya:
Ayat ini menegaskan bahwa kita semua tidak bisa lari dari jerat kematian. Meskipun kita bersembunyi di tempat yang sangat sunyi, tidak ada siapapun yang tahu, pasti kematian akan menghampiri kita. Kematian akan menjemput kita dimana pun kita berada.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah,
Tafakkur merupakan salah satu aktivitas yang bernilai ibadah. Dengan bertafkkur, berarti kita mensyukuri nikmat Allah berupa anugerah kedua mata dan akal dengan mennggunakannya untuk melihat kekuasaan Allah dan merenungi nilai-nilai luhur di baliknya. Rasulullah saw bersabda,

أَعْطُوْا أَعْيُنَكُمْ حَظَّهَا مِنَ الْعِبَادَةِ. قَالُوْا يَارَسُوْلَ اللهِ وَمَاحَظُّهَا مِنَ الْعِبَادَةِ؟ قَالَ النَّظْرُ فَي الْمُصْحَفِ وَالتَّفَكُّرُ فِيْهِ وَالْإِعْتِبَارُ عِنْدَ عَجَائِبِهِ

Artinya, “Berikanlah hak mata untuk beribadah. Para sahabat lalu bertanya, ‘Apakah ibadah bagian mata itu?’ Nabi menjawab, ‘Melihat (membaca) al-Qur’an dan memikir isinya serta ambillah pelajaran dari keajaiban isi Al-Qur’an.’” (HR Zaid bin Aslam)

Bahasa Jawa:
Mugi-mugi kito sedoyo tansah saged ngginakaken barokah saking mripat lan penggalih supados tansah nyedekaken dateng Allah SWT. Kanthi tafakkur sumangga kita ngaturaken puji syukur dhumateng ngarsanipun Allah SWT ingkang sampun ngginakaken kalih nikmat ingkang ageng punika kangge ningkataken lan njaga kualitas iman.

Artinya:
Semoga kita semua bisa selalu menggunakan nikmat kedua mata dan akal untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah swt. Dengan tafakkur, kita telah bersyukur kepada Allah karena memanfaatkan dua nikmat agung ini untuk meningkatkan dan menjaga kualitas iman.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ فَيَا فَوْزَ الْمُسْتَغْفِرِيْنَ وَيَا نَجَاةَ التَّائِبِيْن

Khutbah II

اَلْحَمْدُ لِهِال الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ الْاِيْمَانِ وَالْاِسْلَامِ. وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَيْرِ الْأَنَامِ. وَعَلٰى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ الْكِرَامِ. أَشْهَدُ اَنْ لَا اِلٰهَ اِلَّا اللهُ الْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلَامُ وَأَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صَاحِبُ الشَّرَفِ وَالْإِحْتِرَام

أَمَّا بَعْدُ. فَيَاأَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللٰهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللٰهُ تَعَالَى اِنَّ اللٰهَ وَ مَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ أٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ فْي الْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اَللّٰهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ. وَعَنْ اَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ. وَالتَّابِعِبْنَ وَتَابِعِ التَّابِعِيْنَ وَ تَابِعِهِمْ اِلٰى يَوْمِ الدِّيْنِ. اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

اَللّٰهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْغَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالطَّاعُوْنَ وَالْاَمْرَاضَ وَالْفِتَنَ مَا لَا يَدْفَعُهُ غَيْرُكَ عَنْ بَلَدِنَا هٰذَا اِنْدُوْنِيْسِيَّا خَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِ بِلَادِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا اٰتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَ فِي الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

عِبَادَ اللٰهِ اِنَّ اللٰهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْاِحْسَانِ وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ. يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللٰهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ. وَ اشْكُرُوْهُ عَلٰى نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَلَذِكْرُ اللٰهِ اَكْبَرُ

Itulah contoh teks Khutbah Jumat bahasa Jawa yang dilengkapi dengan bahasa Indonesia yang dapat dijadikan referensi.***

Editor: Niken Nurfujitania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah