Kultum Ramadhan 2023 Singkat Cukup 5 Menit, Lengkap dengan Dalilnya

- 24 Maret 2023, 20:30 WIB
 Materi Kultum Terbaru: Hikmah Shalat: Memperkuat  Hubungan dengan Allah dan Menata Hidup
Materi Kultum Terbaru: Hikmah Shalat: Memperkuat Hubungan dengan Allah dan Menata Hidup /JG/Rizka/Pixabay/mohammed_hassan

SUDUTBATAM.COM -  Di bawah ini adalah merupakan contoh singkat kultum Ramadhan 2023 tak sampai 7 menit, yang dapat disampaikan pada malam sebelum sholat tarawih.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini umat Islam di seluruh dunia tengah menyambut bulan suci Ramadhan dan menjalakan ibadah puasa.

Pada malam Ramadhan, umat Islam melaksanakan sholat sunah tarawih berjamaah di masjid atau mushola.

Sebelum melaksanak sholat biasanya ustaz atau pengurus masjid akan menyampaikan ceramah singkat lima hingga 7 menit.

Baca Juga: Contoh Teks Ceramah Ramadhan Singkat 7 Menit, Dapat Jadi Refrensi

Adapun contoh singkat kultum Ramadhan 2023 adalah sebagai berikut.

Rumah tangga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, pernah diterpa badai masalah yang sangat berat. Ibunda Aisyah radhiyallahu ‘anha, dituduh selingkuh. Ketika itu, orang-orang munafik menyebarkan hadīṡul ifki (berita bohong) secara masif.

Sehingga banyak orang yang ikut-ikutan memviralkan berita hoaks di tengah masyarakat Madinah. Salah satunya adalah Misthah bin Utsatsah. Padahal, Misthah adalah kerabat dekat yang sering dibantu oleh Abu Bakar ash-Shiddiq.

Tidak lama kemudian, wahyu turun membebaskan Aisyah dari tuduhan itu. Abu Bakar, merasa sangat bahagia karena putrinya dibela langsung oleh Allah.

Halaman:

Editor: Niken Nurfujitania


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x