Kumpulan Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Mengandung Unsur 5W 1H

- 3 Agustus 2022, 08:15 WIB
Kumpulan Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Mengandung Unsur 5W 1H.
Kumpulan Contoh Teks Berita Singkat di Televisi Mengandung Unsur 5W 1H. /pexels/

SUDUTBATAM.COM - Teks berita merupakan teks yang berisi peristiwa atau kejadian berupa fakta yang akan disiarkan di televisi, radio, maupun media cetak atau media/situs digital.

Teks berita tentu memuat komponen 5W 1H, yaitu apa (what), siapa (who), kapan (when), di mana (where), mengapa (why), dan bagaimana (how).

Selain 5w+1h tersebut, terdapat struktur di dalam berita agar menghasilkan teks yang jelas.

Berikut kumpulan contoh teks berita singkat yang mengandung unsur 5W 1H yang dapat dijadikan referensi.

Baca Juga: Ide Hadiah Lomba 17 Agustus yang Cocok untuk Anak-anak Hingga Orang Dewasa

Contoh 1: Teks berita terjadinya banjir

Belum pulih dari banjir bandang beberapa waktu lalu, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan kembali dilanda banjir, Selasa (4/8/2020) malam. Banjir susulan terjadi karena hujan deras mengguyur bagian hulu Kecamatan Masamba sejak Selasa siang, yang membuat Sungai Masamba meluap dan merendam pemukiman warga di Kelurahan Bone Tua, Kelurahan Bone dan Desa Baloli dengan ketinggian banjir bervariasi antara 50 hingga 80 sentimeter.

Kepala Pelaksana BPBD Luwu Utara Muslim Muchtar mengatakan, selain pemukiman warga, banjir juga merendam jalan Trans Sulawesi Masamba, yang membuat kendaraan tak dapat melintas. Muslim mengatakan, di sejumlah titik pemukiman warga terendam hingga satu meter, yang membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang terjadi saat ini merupakan banjir susulan setelah sebelumnya pada tiga pekan lalu diterjang banjir setinggi dua meter yang membawa material berupa pasir bercampur kayu. Sejumlah relawan yang masih berada di lokasi pengungsian seperti PMI, ACT dan lainnya kini melakukan evakuasi terhadap warga bersama BPBD Luwu Utara.

Contoh 2: Teks berita terjadi kecelakaan

Halaman:

Editor: Iwan Sahputra

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah