8.500 Spesies Biota Laut Ada di Indonesia, Dorong Industrialisasi Produk Biofarmasi Laut

- 17 Desember 2021, 19:32 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi //pixabay/blue groper

SUDUTBATAM.COM - Indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan dan mega marine biodiversity, tercatat setidaknya lebih dari 8.500 spesies biota laut ada di Indonesia.

 

Keanekaragaman sumber daya hayati tersebut merupakan modal potensial bagi bangsa Indonesia untuk dikembangkan menjadi bahan baku industri farmasi, pangan fungsional dan nutrasetika serta kosmetika.

 

Untuk itu, pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya tersebut harus terus dikembangkan sehingga Indonesia dapat menjadi negara yang mandiri dalam menyediakan bahan baku farmasi bersumber dari biota laut.

 

Atas dasar tersebut, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) melalui Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) menyelenggarakan Webinar Marine Biotech Series, bertema ‘Menuju Industrialisasi Produk Biofarmasi Laut’, pada 16 Desember 2021. Kegiatan ni merupakan rangkaian Pekan Webinar BRSDM, dalam rangka memperingati Hari Nusantara 2021.

 

Dalam arahannya, Plt. Kepala BRSDM, Kusdiantoro, mengatakan bahwa isu mengenai biofarmakologi menjadi salah satu isu strategis, di samping masalah pangan dan kesehatan laut.

 

Halaman:

Editor: Fadhil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah