5 Lokasi Pantai Kalimantan Tengah untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga

- 14 Juli 2023, 17:14 WIB
5 Lokasi Pantai Kalimantan Tengah untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga
5 Lokasi Pantai Kalimantan Tengah untuk Liburan Akhir Pekan Bersama Keluarga /
SUDUTBATAM.COM Berikut ini 5 lokasi pantai Kalimantan Tengah untuk liburan akhir pekan bersama keluarga.
 
Kalimantan atau yang disebut juga Borneo merupakan pulau terbesar yang ada di Indonesia, luasnya sekitar 743.330 km2.
 
Dengan luas sebesar ini pulau Kalimantan juga memiliki penduduk 21.258.000 pada tahun 2014 dan diperkirakan sudah bertambah menjadi 23 atau 24 juta jiwa.
 
Pulau terbesar nomor 3 di Indonesia ini menyimpan banyak sekali kekayaan alam yang eksotik seperti tambang batu bara.
 
Bukan cuma itu saja pulau Kalimantan juga menyimpan kecantikan alam seperti pantai-pantainya, pantai-pantai yang akan diulas kali ini Pantai Kalimantan Tengah.
 
Kalimantan Tengah atau disingkat saja Kalteng adalah provinsi yang berada di Kalimantan Tengah, ibu kotanya bernama Palangka Raya dan penduduknya ada 2.202.599.
 
Berikut di bawah ini 5 lokasi pantai indah di Kalimantan Tengah cocok untuk liburan bersama keluarga di awal tahun.
 
1. Pantai Tanjung Keluang
Pantai Tanjung Keluang lokasinya berada di Kubu, Kec. Kumai, Kab. Kotawaringin Barat.pamtai ini benar-benar terjaga kebersihannya karena dijaga oleh pemerintah.
 
Alasan kenapa dijaga oleh pemerintah karena pantai ini merupakan lokasi penyu yang benar-benar langka di dunia bertelur.
 
Itu sebabnya ketika Anda berkunjung ke pantai ini diharuskan untuk menjaga kebersihan agar penyu-penyu bisa tetap bertelur.
 
2. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih menjadi objek wisata yang sangat indah karena keindahan alamnya yang begitu cantik dan fasilitas yang memadai.
 
Misalnya seperti gazebo untuk wisatawan bersantai dan warung-warung yang tersedia agar pengunjung bisa membeli snack dan langsung menikmati keindahan alam.
 
Untuk lokasi Pantai Pasir Putih sendiri ada di Pasir Mayang, Kec. Kuaro, Kab. Paser. Jangan lupa juga untuk berswafoto dengan keluarga Anda.
 
3. Pantai Tanjung Nipah
Pantai Tanjung Nipah mempunyai air yang bersih dan pasir yang putih, cocok menjadi tempat piknik sementara bersama dengan keluarga Anda.
 
Pantai ini juga dikenal sebagai Pantai Cemara karena terdapat banyak pohon cemara di pinggiran pantai, pantai cemara yang tumbuh itu daunya sangat lebar sehingga sering dijadikan tempat berteduh oleh wisatawan.
 
Deretan pohon cemara yang tumbuh di pinggir pantai menambah rindangnya pemandangan di tepi pantai, lokasi pantai ini ada di Pantai Tanjung Nipah.
 
4.  Pantai Ujung Pandaran
Pantai Ujang Pandaran berada di Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teuk Sempit, Kabupaten Kotawaringin timur, Kalimantan Tengah.
 
Tepatnya ada di sekitar 80 km dari Kota Sampit, keunggulan dari pantai ini adalah biota laut yang membentang dari Kabupaten Kotawaringin Timur sampai perbatasan Kabupaten seruyan.
 
Letak pantai ini juga tidak jauh dari perkotaan, jadi pantai ini mudah diakses oleh siapa saja yang memiliki kendaraan pribadi dan transportasi publik.
 
Ketika matahari terbenam pantai ini selalu menawarkan pemandangannya yang begitu indah dengan angin sepoi-sepoi yang meniup rerumputan di sekitaran bibir pantai.
 
5. Pantai Kubu
Pantai Kubu terletak di kawasan Kubu, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Wisatawan yang menginginkan liburan di pasir putih pasti memilih pantai Kubu karena pantainya berpasir putih farmasi dan miring coklat coklat dan berair.
 
Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan dianggap unik dan berbeda, siapa sangka hal tersebut disebabkan oleh hutan gambut. Bahkan pantai Kubu termasuk salah satu objek wisata di Pangkalanbun lantaran lokasi terjangkau untuk mengisolasi diri dari hiruk pikuk kota.
 
Di sini juga terdapat toko souvenir dan penyewaan banana boat serta warung-warung jika Anda kelaparan.
 
Itulah 5 lokasi pantai indah di Kalimantan Tengah cocok untuk liburan bersama keluarga di awal tahun.***

Editor: Fadhil


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah