Memanjakan Mata! Ini Destinasi Wisata Alam yang Ada di Kalimantan Barat Cocok buat Healing

- 30 Juni 2023, 15:53 WIB
Memanjakan Mata! Ini Destinasi Wisata Alam yang Ada di Kalimantan Barat Cocok buat Healing
Memanjakan Mata! Ini Destinasi Wisata Alam yang Ada di Kalimantan Barat Cocok buat Healing /jurnaldesa

Sudutbatam.com - Kalimantan adalah salah satu pulau besar yang ada di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Malaysia. Kalimantan barat merupakan salah satu wilayah yang banyak menyimpan destinasi yang tertuju pada keindahan alam.

Banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dan sangat cocok untuk healing atau menenangkan diri.
 
Setelah keluar dari bandara dapat langsung mencari penginapan untuk menjelajahi Kalimantan Barat. 
 
Dapat juga menyewa jasa rental mobil yang biasanya di bandrol dengan harga 300rb per 1 hari.
 
Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Kalimantan Barat :
 
1. Air Terjun Gurung Sumpit
 
Air Terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter ini berlokasi di Desa Sumpit-Belitang Hilir-Sekadau-Kalimantan Barat.
 
Untuk sampai kesana kamu harus menempuh jarak sekitar 15 km dari ibukota kecamatan belitang hilir dan jangan lupa siapkan uang untuk membayar tiket masuk serta biaya parkir kendaraanmu.
 
Tarif masuknya cukup murah kok, hanya 5000 rupiah untuk tiket masuk dan 5000 rupiah untuk parkir Yang menarik dari air terjun gurung sumpit ialah adanya goa bernama Goa Ratu Kudung.
 
2. Air Terjun Semirah Merambang
 
Wisata air terjun ketiga di kabupaten Sekadau adalah Air Terjun Semirah Merambang atau dikenal juga dengan nama air terjun 7 tingkat.
 
Lokasinya berada di Dusun Belandong Desa Tinting Boyok Kecamatan Sekadau Hulu, Sekadau-Kalimantan Barat.
 
Untuk menuju kesana, kamu perlu menempuh jarak sekitar 12 km dari kabupaten sekadau ke persimpangan desa tinting boyok.
 
Lalu dari desa tinting boyok ke air terjun semirah merambang kamu membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam.
 
3. Air Terjun Entugun
 
Kalau yang ini adalah air terjun yang memiliki 3 tingkatan. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter.
 
Lokasinya berada di Dusun Kepayang, Desa Tembaga, Kecamatan Nanga Mahap-Sekadau-Kalimantan Barat. Perjalanan menuju air terjun entugun sedikit melelahkan.
 
4. Air Terjun Cuci Kain
 
Mungkin nama air terjun ini terdengar lucu bagi kamu. Namun ternyata ada kisah menarik di balik nama tersebut.
 
Yaitu kisah tentang seorang gadis berambut panjang yang mencuci kain di air terjun tersebut dan menarik perhatian banyak lelaki.
 
Namun gadis pencuci kain itupun kemudian hilang bersama salah satu lelaki yang menyapanya. Di balik kisah misteriusnya, air terjun cuci kain ini tetap memiliki pesona yang luar biasa.
 
Tambahkan lagi jarang ada orang yang mengetahui tentang objek wisata yang satu ini, sehingga kamu akan leluasa menikmati keindahannya. Air terjun ini terletak di Kecamatan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau.
 
5. Bukit Burang
 
Kamu ingin merasakan sensasi melihat sunrise atau sunset dari atas bukit? Sekadau punya tempatnya. Tepatnya di Desa Rirang Jati Kecamatan Nanga Taman Kabupaten Sekadau.
 
Terdapat sebuah bukit yang menyajikan pemandangan indah, dari atas bukit kamu bisa melihat hamparan sawah dan pepohonan hijau menyejukkan mata.
 
Meskipun tergolong ke dalam objek wisata yang masih baru, hal itu tidak menyurutkan langkah para wisatawan untuk berkunjung ke Bukit Burang ini.
 
Untuk mencapai punyak bukit kamu membutuhkan waktu sekitar dua jam dan hanya bisa di lakukan dengan berjalan kaki.***

Editor: Fadhil


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah